Cara Merawat Anak Kelinci Yang Baru Lahir

Kumis Kelinci - 085779262894. Anda memiliki anakan kelinci ...? wah sepertinya akan pas banget nih jika kita bahas masalah perawatan anakan kelinci, nah makanya kali ini saya pengen sharing ke temen-temen tentang cara merawat anak kelinci yang baru lahir, baca sampe selesai ya sob....

Oke sebelum kita bahas lebih lanjut, saya pengen misahin dulu kategori anakan kelinci, ada yang di dapat dari pembelian dan ada juga yang di dapat dari kelahiran kelinci yang memang dari awal indukannya sudah kita pelihara.

Nah kali ini saya mau fokus di masalah anakan kelinci yang lahirannya dari indukan yang sudah kita pelihara sebelumnya, tentang cara pemeliharaan anak kelinci yang kita dapatkan dari pembelian akan kita bahas di lain waktu.

Oke sob, sebelunya saya sudah nulis tentang beberapa masa kritis yang dilewati oleh anakan kelinci, silahkan buka halaman ini ya.....

Untuk memelihara anakan kelinci yang ada indukannya sebenernya tidaklah terlalu sulit, justru hal ini relatif mudah jika dibandingkan dengan perolehan anakan yang didapat dari kita beli tanpa indukan.

Apa Yang Dilakukan Sesaat Setelah Kelinci Lahiran..?

Asumsi saya kondisi kelinci sudah siap ya saat mau melahirkan, hal ini dibuktikan dengan kita menyiapkan kotak lahiran dan kelinci mau melahirkan anak-anaknya di dalam kota yang sudah kita sediakan. Untuk kelinci yang seperti ini saat anakan baru saja melahirkan, maka kita sebagai tuannya jangan banyak ikut campur, biarkan indukan berperilaku secara naluri atau insting hewannya. Jika kita terlalu banyak ikut campur maka kelinci bisa merasa terganggu, stress, dan ujung-ujungnya adalah kelinci ndak mau memberikan susu pada anaknya.

Hal yang perlu kita lakukan adalah menyediakan makanan kelinci untuk indukannya yang cukup, cukup dalam artian secara kualitas dan kuantitas.

Salah satu kejadian yang sering terjadi adalah kelinci menjadi kanibal atau memakan anaknya sendiri, tapi kejadian seperti ini adalah alami lho sob. Lho kok bisa...? mungkin sebagian temen-temen akan mempertanyakan hal seperti ini...

Begini sob, secara naluri atau insting hewan jika kelinci dibatasi dengan lingkungan (kandang) dan si indukan merasa secara gizi indukan merasa tidak terpenuhi, maka untuk menyelamatkan anak-anaknya harus mengorbankan anak yang kondisinya paling lemah, dimakanlah anak ini untuk nutrisi indukan agar anak-anaknya yang lain tercukupi gizinya.

Nah solusi untuk menghindari kejadian ini salah satunya adalah dengan mencukupi kualitas gizi indukan, silahkan temen-temen bisa meluncur ke sini untuk tau apa makanan yang bagus untuk kelinci yang dalam proses menyusui.

Setelah mencukupi gizi kelinci, maka langkah selanjutnya adalah kita hanya kontrol kelinci apakah kelinci ada yang gugur atau tidak, jika ada yang gugur segera pisahkan.

Beberapa kasus terjadi indukan kelinci tidak menyusui anakan karena ada beberapa faktor, solusi untuk hal ini adalah dengan penyusuan paksa, atau dengan memberikannya kepada indukan lain yang juga baru saja melahirkan.

Seperti yang saya bahas di tulisan sebelumnya, masa awal ini adalah anakan membutuhkan asupan asi yang cukup, ini adalah masa kritis pertama untuk anakan kelinci, dan hal ini biasanya memakan waktu sampai sekitar 30-45 hari.

Oke sob, saya kira cukup dulu ya, nanti akan kita bahas lagi di lain waktu.