Experiment Kecil Yang Sangat Memuaskan: Hay Odot

Rumput odot yang masih segar
Kumis Kelinci. 085779262894 pin: 7CDA1736

Para sahabat pecinta kelinci di seluruh indonesia, jumpa lagi ya di blognya kumis kelinci, rasanya udah lama juga ya saya ndak cerita di blog ini, hehe..hehhe

Nah kali ini saya pengen berbagi informasi tentang rumput odot ya, atau lazim disebut rumput gajah mini, nama kerennya seh Mott Elephant Grass.

Jadi ceritanya begini sob, akhir-akhir ini sekitar penghujung tahun 2016, saya baru menyimak makanan ternak bisa dari kelinci sampai sapi, nah apa sih yang lagi ramai dibicarakan..? tentu biaya pakan ternak yang menjadi bahasan utama, hal ini tentu sangat wajar, kita memelihara tentu mengharapkan keuntungan, dan keuntungan bisa didapat jika biaya produksi dan harga jual bisa selisih banyak, ya khan...?


Temen-temen ndak udah penasaran gambar yang di atas itu adalah penampakan rumput odot yang ada di kebun saya.

Lho tapi kelinci apakah doyan makan rumput odot..? tentu sob, berikut ini adalah video saya yang sengaja saya ambil buat wawasan temen-temen bahwa kelinci juga ternyata sangat suka dengan rumput odot.
.
.
dan selanjutnya.....

Saya berpikir apakah rumput ini bisa dijadikan hay seperti halnya timothy dan alfafa...?

Akhirnya saya coba-coba dalam skala kecil untuk menjadikan atau mengeringkan rumput odot ini menjadi hay.

Lagkahnya adalah sebagai berikut:

  • ambil atau potong rumput odot pada pagi hari.
  • jemur selama seharian, kalau saya penjemuran mulai dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore.
  • oven dengan api kecil selama 30 menit-an untung menuntaskan pembuangan air dalam dauh rumput odot.
  • dan jreng.....jreeeeenggggg....! rumput odot yang kaya nutrisi siap dihidangkan atau disimpan dalam jangka waktu yang lama untuk kelinci kita.
Nah ini adalah tampilan atau foto yang saya ambil setelah mengeluarkan dari oven.

Sebagai tambahan sob, hay dari bahan rumput odot ini sangat baik untuk pakan kelinci hias kita seperti kelinci anggora, rex, mini rex, rexa, fuzzy lop, holland lop, dan kelinci hias lainnya, dari yang masih anakan sampai yang sudah dewasa.


Oke sob saya cukupkan ya laporan kali ini tentang rumput odotnya, lain kali kita sambung lagi dengan bahasan yang menarik lainnya.